Senin, 19 Januari 2009

Sekarang Saatnya Beli Mobil

Industri otomotif di dalam negeri sepertinya akan gonjang ganjing seperti yang dialami negara-negara industri dunia, seperti AS dan Jepang.


Namun, bedanya jika di pasar Amerika Utara dan Jepang serta negara industri lainnya harga mobil diturunkan, sementara di dama negeri harga mobil akan terus menanjak.


Jika di AS dan Jepang penjualan mobil melorot gara-gara daya beli masyarakat yang anjlok, meski berbagai promosi digelar untuk menjaring konsumen.


Sedangkan di pasar dalam negeri, masyarakat sepertinya akan semakin kesulitan mendapatkan mobil baru, terutama untuk menyesuaikan anggaran mereka dengan harga mobil yang bakal merangkak terus.


Gaikindo memprediksi harga jual mobil bakal naik setiap bulan sepanjang 2009. Besaran kenaikan diperkirakan sekitar 5%-8% dan mulai

terasa pada Januari ini.


Adapun pemicu kenaikan harga jual mobil adalah fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang cenderung menekan rupiah, selain juga biaya produksi yang naik sekitar 20% karena pelemahan rupiah tersebut.


Untuk itu, sekarang saat yang paling tepat untuk membeli mobil, atau mobil itu semakin tak terkejar karena harga terus merangkak naik, sehingga anggaran untuk membeli mobil itu pun sulit tercapai.