Senin, 19 Januari 2009

BTN Turunkan Suku Bunga Kredit

Bank Tabungan Negara (BTN) terhitung hari ini, Selasa (20/1) mulai menurunkan suku bunga kredit rata-rata 0,5 persen untuk seluruh jenis produk.

"Penurunan suku bunga kredit sesuai dengan semangat perbankan untuk segera menyesuaikan tingkat bunga kredit," kata Direktur Utama BTN, Iqbal Latanro di Jakarta.

Kebijakan ini merupakan komitmen bank ini untuk terus melakukan penyesuaian suku bunga kreditnya sesuai dengan kemampuan bank dan kondisi di pasar.

BTN menurunkan tingkat suku bunga kredit khusus untuk realisasi kredit baru. "Dengan kebijakan penurunan suku bunga kredit ini diharapkan Bank BTN dapat bersaing dengan bank yang lain," kata Iqbal.

Iqbal berharap penurunan suku bunga ini dapat mendorong pasar perumahan agar semakin kondusif.

Seperti diketahui bisnis pembiayaan perumahan merupakan bisnis padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja karena terkait dengan 114 industri ikutannya. Hal ini sekaligus dapat menjadi stimulus ekonomi dengan hidupnya kembali antara supply dan demand terkait dengan masalah perumahan.

"Mudah-mudahan penurunan suku bunga kredit ini mendapat respon yang posisitf dari dunia usaha yang terkait perumahan dengan bertumbuh dan berkembangnya industri pembangunan perumahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah," tambah Iqbal.