Senin, 19 Januari 2009

15 Produsen Siap Pasok Minyak Goreng Murah

Sebanyak 15 produsen minyak goreng (migor) skala besar siap memasok minyak goreng murah sepanjang tahun 2009. Beberapa produsen itu antara lain Asian Agri, Salim Ivomas Pratama (bimoli), Sinar Mas, Musim Mas, Wilmar Internasional, Astra dan lain-lain.

"Ini adalah dalam rangka stabilisasi minyak goreng untuk masyarakat menengah bawah. Ada 15 perusahaan besar yang melakukan komitmennya, mengawali program pemerintah Minyakita," kata Ketua Umum MS Hidayat usai bazar migor di Jl Sentiong, Kramat, Jakarta, Selasa (20/1/2009).

Menurut Hidayat harga yang diberikan produsen-produsen besar tersebut lebih rendah dari harga pasar yaitu sebesar Rp 6.000 per liter. Hal ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial (CSR/Corporate Social Responsibility) dari para produsen.

"Mereka umumnya produsen besar terutama di Medan, jaringan mereka pun kuat," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto mengatakan pada bulan Januari ini Sinar Mas berencana memasok migor 100.000 liter, yang akan disalurkan setiap pekan di 5 wilayah di DKI Jakarta, yang mencakup 5.000 liter disetiap lokasinya.

"Ini bagian dari kepedulian sosial bagi masyarakat dengan mendukung pemerintah melalui operasi pasar minyak goreng," katanya.

Sebelumnya pada tahun 2008 lalu Sinar Mas telah menyalurkan sedikitnya 502.294 liter minyak goreng melalui kegiatan bazar serupa. Bahkan sejak tahun 2005 hingga pertengahan tahun lalu telah menyalurkan 25.968.677 liter minyak goreng.