Kamis, 22 Januari 2009

Bank Mandiri Gairahkan Papua

Bank Mandiri dalam mengembangkan bisnisnya tak hanya membidik korporasi besar, tapi juga ikut bertanggungjawab dalam mengembangkan sektor UMKM, salah satunya di Papua.

Hingga Desember 2008 Bank Mandiri telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Papua Rp 11,2 miliar. Selain itu, penyaluran sektor UMKM di Papua pada Desember 2008 mencapai Rp 296,5 miliar.

"Kami berharap fasilitas KUR dan UMKM tersebut dapat membangkitkan usaha dan menggerakkan roda perekonomian di bumi Papua," ujar Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo di Manokwari, Papua, Kamis (22/1).

Dalam pemberian kredit UMKM, kata Agus, termasuk KUR, selalu didasarkan pada analisis bank terhadap kelayakan usaha dari para calon debitur. Untuk itu, Mandiri sangat mengedepankan profesionalisme.

Dalam penyaluran kredit itu, Agus menyerahkan secara simbolik KUR kepada empat debitor.

Penyerahan dilakukan di Pulau Mansinam Manokwari pada acara kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Manokwari. Keempat orang debitor itu adalah Adolina Ayatanoy, pedagang sayur mayur, dan La Tapa, seorang nelayan, dengan KUR masing-masing Rp 4 juta.

Sedangkan dua lainnya, Sabir, penjual sari buah merah, dan Joice Linda Rumbekwan, pedagang kelontong, yang masing-masing mendapatkan KUR Rp 5 juta.

"Bank Mandiri mendukung perekonomian di sektor riil termasuk di Papua," kata Agus.