Rabu, 07 Januari 2009

RI Siap Ekspor 1 JutaTon Beras

Menteri Pertanian (Mentan) Anton Apriantono mengatakan Indonesia akan mengekspor beras sekitar satu juta ton, apabila target produksi beras nasional pada 2009 tercapai.

"Target produksi beras nasional tahun 2009 sebesar 47 juta ton atau setara 63 juta ton gabah kering giling (GKG)," katanya di Semarang, Rabu (7/1).

Sejumlah negara yang menjadi tujuan ekspor di antaranya Timor Timur, Malaysia, Filipina dan beberapa negara lain. "Beberapa negara itu sudah menyampaikan keinginannya untuk mengimpor beras dari Indonesia," tuturnya.

Namun, lanjutnya, ekspor beras ke luar negeri tetap akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Ia mengatakan mulai Februari 2009 Indonesia akan mulai mengekspor beras kualitas tinggi, tanpa harus menunggu realisasi produksi beras nasional.

Menurutnya, ekspor beras ini juga berguna untuk menjaga stabilitas harga beras di dalam negeri. "Jika produksi beras dalam negeri melimpah, tentunya akan memicu jatuhnya harga sehingga petani yang akan rugi," ujarnya.

Karena itu, katanya, untuk menjaga ketersediaan pangan, tidak cukup hanya dengan menggenjot produksi beras, tetapi juga mengelola ketersediaan pangan, mulai tingkat pusat hingga tingkat terbawah.