Minggu, 11 Januari 2009

ITC Surabaya Gelar Festival Imlek

International Trade Center (ITC) Mega Grosir Surabaya menggelar Festival Imlek pada 3-26 Januari 2009 untuk menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2560."Dalam festival ini kami menggelar bazar pernik-pernik dan makanan khas Imlek, hingga pertunjukan seni budaya China dan perpaduan dengan seni budaya masyarakat sekitar," kata General Manager PT Citraagung Tirta, Christine N. Tanjungan di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, untuk pertunjukan seni budaya China, pagelaran ini diikuti sembilan yayasan seni budaya China dari Surabaya dan sekitarnya. "Untuk hari ini kami menampilkan 200 pengisi acara dari tiga yayasan di antaranya, Yayasan Wijaya Kusuma, Yayasan Zhong-Zhong, dan Yayasan Central Park Mulyosari,? katanya menjelaskan.

Supervisor Promotion ITC Mega Grosir Surabaya, Avy Chujnijah menyatakan, sekitar 200 pengisi acara hari ini menampilkan tarian dan nyanyian dari China, Tibet, Korea, dan Arabian. Misalnya menyajikan tarian Sin Jiang, tarian Geleng (Gelang) Ro'om, tarian Yue Yuan Hua Hao, musik tradisional China, hingga atraksi penyanyi tunggal."Penampilan kolaborasi seni tari China dengan tari Madura, dengan nama tarian Geleng Ro'om memperoleh sambutan meriah dari pengunjung ITC Mega Grosir Surabaya.

Apalagi, lima orang dari tujuh orang penari wanita tersebut memiliki darah keturunan China," katanya. Ia berharap, dengan acara ITC Mega Grosir Surabaya pada awal tahun ini, volume pengunjung pusat perbelanjaan ITC Mega Grosir Surabaya dapat mengalami kenaikan 60 persen dari kondisi normal sebanyak 15.000 orang per hari."Kenaikan jumlah pengunjung ini terimbas padatnya kegiatan yang diadakan di ITC Mega Grosir Surabaya," katanya.

Di tempat lain, Ketua II Yayasan Wijaya Kusuma sekaligus pelatih tari Geleng Ro'om, Siswanto Gondo Purnomo menjelaskan, perpaduan tari ini dilatar belakangi cerita menarik. Kolaborasi seni tari itu bercerita tentang sekumpulan wanita Madura yang giat bekerja dan senang memamerkan hasil jerih payahnya berupa seperangkat perhiasan dalam sebuah pesta rakyat. Mereka mengenakan perhiasan yang dimilikinya, hampir di seluruh bagian tubuhnya. Misalnya, gelang kaki, kalung, hingga anting-anting."Untuk memeriahkan acara ITC Mega Grosir Surabaya pada tahun ini, kami menyajikan 28 tarian dengan 40 orang penari yang terdiri atas penari usia empat tahun hingga penari wanita 70 tahun," katanya.