Rabu, 24 Desember 2008

Harga Kebutuhan Pokok Dijamin Aman

Menjelang peringatan Natal dan Tahun Baru 2009, omzet pedagang bahan kebutuhan pokok di Pasar Muara Karang, Jakarta Utara justru menurun dari 20-30 persen dibanding tahun lalu.

Menurut salah satu pedagang yang ditemui mengatakan, penurunan ini disebabkan karena sepinya pembeli."Padahal tahun lalu omzet menjelang hari Natal dan Tahun Baru naik sekitar 30 persen dibanding bulan biasa, tapi kali ini pembeli sepi mungkin karena orang menahan diri berbelanja,"tutur Husinto pedagang pasar Muara Karang Husinto kepada Batak Pos, Selasa (23/12) siang.
Husinto juga mengatakan, penurunan omzet tahun ini sangat tidak realistis jika melihat dengan harga beberapa kebutuhan bahan pokok masyarakat seperti minyak goreng, telur dan beras yang cenderung banyak mengalami penurunan.

Seperti yang diketahui, saat ini harga minyak goreng curah turun menjadi Rp7.000 per kg dari sebelumnya Rp. 11 ribuan, kemasan sekitar Rp9.000- dan Rp10.000 per liter. Sedangkan, harga telur juga telah turun menjadi Rp14.000 per kg dan beras stabil di sekitar Rp5.300 per kg.

Sementara itu, menyangkut harga daging ayam yang sempat mencapai Rp25.000 saat bulan puasa dan Lebaran, kini turun menjadi Rp20.000 per kg. Kenaikan harga terlihat pada harga sayur mayur rata-rata mengalami kenaikan akibat musim hujan yang menyebabkan barang lebih cepat membusuk. Harga kentang naik dari Rp6.000 per kg menjadi Rp8.000 per kg.

Harga wortel juga naik dari Rp8.000 menjadi Rp10.000 per kg. Hasil dari tinjauan, dari segi kesedian aman menunjukkan harga stabil, tdk ada kenaikan harga termurah 5500,
Setali tiga uang, pemilik toko kue Ning Ning, Herawati mengakui, penurunan omzet penjualan kue di pasar tersebut juga dirasakan para pedagang.” Penjualan bulan Desember ini agak sulit dan omzet turun sekitar 20 persen dibanding setahun lalu. Kalau di sini memang paling ramai hari raya Imlek. Namun secara keseluruhan tahun ini omzet penjualan turun sekitar 20 persen, "ujarnya.

Ditempat terpisah, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menegaskan, ketersediaan bahan pokok menjelang hari raya natal dan tahun baru dalam keadaan aman. Tanpa menyebutkan penyebab penurunan omzet para pedagang "Dalam segi stok dan harga aman. Harga beras stabil sekitar Rp5.500 per kg dan Rp5.800 per kg," katanya saat mengunjungi para pedagang.
Mendag juga menuturkan, harga gula pasir stabil pada kisaran Rp6.500 per kg dan harga minyak goreng curah turun dari bulan lalu Rp11.000 menjadi Rp8.000 per kg atau Rp7.200 per liter. "Kita harap masih akan turun tahun depan karena ada program migor murah berkemasan,"tambahnya.